asn pati terpapar covid-19
Bupati Pati Haryanto memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19. (foto: suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Satgas Penanganan Covid-19 Pati melakukan tes massal kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Itu setelah pihaknya mendapati 13 ASN Pati yang terpapar Covid-19.

“Semua (ASN) di-swab secara bertahap untuk antisipasi. Hari ini (kemarin-Red) ada sekitar 50 ASN,” ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pati Haryanto.

Belasan ASN tersebut terdiri atas enam orang yang berdinas di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) dan Dinas Perhubungan (Dishub) tujuh orang. Sebelumnya, juga ditemukan ASN yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mboten (tidak). Itu kumpulan dari kemarin semuanya,” katanya saat ditanya wartawan tentang informasi jumlah ASN terpapar Covid-19 sebanyak 22 orang yang beredar di media sosial.

BACA JUGA: Satu Pasien Covid-19 Asal Kudus Meninggal di Donohudan

Bupati Pati itu menjelaskan, tes swab antigen berlaku untuk semua PNS dan tenaga honorer. Pelaksanaannya bertahap sesuai dengan kemampuan tenaga kesehatan (nakes).
Dia menyebut, kebanyakan ASN yang terpapar Covid-19 memiliki mobilitas tinggi. Mereka berasal dari luar daerah dan tidak tinggal di Pati sehingga harus menempuh perjalanan jauh untuk pergi dan pulang kerja. Menurutnya, mobilitas tinggi memiliki risiko tinggi tertular Covid-19.

Sekretais Daerah (Sekda) Pati Suharyono menjelaskan, enam ASN Setda yang belakangan diketahui positif Covid-19 dalam kondisi tanpa gejala. Mereka menjalani isolasi mandiri.
Mengenai pelayanan di lingkungan kantor tersebut, dia menyatakan tetap buka seperti biasa. Namun, jika memungkinkan pelayanan dilakukan secara online maka akan ditempuh jalan tersebut.

Sementara, perkembangan kasus Covid-19 di Pati fluktuatif. Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Pati pada Rabu (9/6) tercatat 168 orang terkonfirmasi positif dan dirawat. Jumlah itu menurun dari hari sebelumnya, yakni 173 orang.

Namun, untuk suspek dirawat meningkat dari 141 orang menjadi 151 orang. Sedangkan jumlah orang meninggal dunia akibat Covid-19 naik dari 448 orang menjadi 453 orang.(srm)

Tinggalkan Balasan