- Advertisement -spot_img
30.9 C
Kudus
Senin, 18 Oktober 2021
BerandaKudusBegini Cara Daftar JKN Gratis untuk Warga Miskin

Begini Cara Daftar JKN Gratis untuk Warga Miskin

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com –  Tak sulit bagi warga miskin untuk mendapat JKN gratis melalui program kepesertaan PBI JKN. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus Badai Ismyo mengatakan, selain memang harus warga Kabupaten Kudus dan kurang mampu yang ditunjukkan dengan keterangan dari desa, warga terlebih dulu mendaftar ke Dinas Sosial.

Data warga tersebut terlebih dulu akan diverifikasi oleh petugas Dinas Sosial (Dinsos). Verifikasi itu penting untuk memastikan apakah memang layak untuk mendapatkan PBI JKN.

“Jika memang layak dan lolos verifikasi, baru data diberikan ke kami (Dinkes) untuk segera didaftarkan program PBI JKN,” katanya.

BACA JUGA : Jamin Layanan Kesehatan Warga Miskin, Kudus Anggarkan Rp 32 Miliar

Proses pengusulan secara reguler dilakukan oleh Dinkes pada tanggal 20 setiap bulannya. Kartu PBI JKN peserta bakal aktif di tanggal 1 bulan berikutnya.

Badai menambahkan, Pemkab Kudus menargetkan mampu mencapai UHC kembali pada tahun depan. Pihaknya tengah menghitung kebutuhan riil anggaran untuk mencapai UHC.

“Pemkab Kudus sebenarnya sudah pernah mencapai UHC, namun karena iuran kemarin naik dan harus menyesuaikan kemampuan anggaran, jumlah kepesertaan turun lagi saat ini di kisaran Rp 81,14 persen,” katanya.

Kepesertaan PBI JKN untuk warga miskin akan terus dievaluasi karena ada kemungkinan peserta yang pindah kota, meninggal, atau ingin naik kelas pelayanan karena tingkat ekonominya membaik. Untuk menuju UHC JKN, kata Badai, butuh anggaran hingga Rp 90 miliar per tahun.

“Masih ada sekitar 138 ribu warga Kudus yang belum mengantongi JKN. Data ini tentunya perlu disisir kembali untuk memastikan warga kurang mampu segera didaftarkan untuk PBI JKN. Tahun depan kami targetkan Kudus bisa mencapai UHC kepesertaan JKN,” katanya.

Kepesertaan JKN memang lebih menguntungkan bagi warga karena cakupan pelayanannya yang lebih luas. Jika membutuhkan rujukan ke rumah sakit yang lebih baik di luar daerah, peserta tetap bisa mendapatkannya secara gratis. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

1,011PengikutMengikuti
2,458PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: