- Advertisement -spot_img
24.9 C
Kudus
Selasa, 6 Desember 2022
BerandaRembangBatik Tulis Lasem Festival 2022 Wadahi Bakat Anak Muda dan Lestarikan Kearifan...

Batik Tulis Lasem Festival 2022 Wadahi Bakat Anak Muda dan Lestarikan Kearifan Lokal

- Advertisement -spot_img

REMBANG, suaramuria.com – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Rembang menggelar Batik Tulis Lasem Fest 2022, Senin (25/7/2022). Bertempat di komplek gedung Dekranasda yang ada di Kecamatan Lasem, event itu dimeriahkan dengan tiga kegiatan.

Tiga kegiatan yang juga bisa ditonton di akun youtube Pemerintah Kabupaten Rembang itu meliputi lomba tari kontemporer, lomba Mural batik, video pendek dan fashion show para juara dalam event serupa tahun 2021 lalu.

Kepala Dindagkop M.Mahfudz menuturkan kegiatan kreatif tersebut dipusatkan di sana dengan harapan gedung Dekranasda bisa semakin mewadahi anak- anak muda, pengrajin maupun seniman untuk berkreasi. Tak hanya itu event BTL 2022 juga digelar menyongsong penetapan Lasem sebagai Kota Pusaka.

“Kegiatan Festival BTL ini juga menyongsong Lasem sebagai kota pusaka. Sinergitas Lasem sebagai kota pusaka ini didukung dengan pengembangan potensi dan budaya.”

Ketua Dekranasda Rembang Hasiroh Hafidz menyambut baik kolaborasi kegiatan tersebut. Dengan adanya BTL 2022 ini anak- anak muda bisa menyalurkan bakat, kreatifitas dan inovasinya dibidang seni budaya.

“Kegiatan ini sesuai dengan kearifan lokal, dengan adanya lomba – lomba ini tentu dapat membuat anak- anak muda semakin cinta terhadap batik tulis Lasem. Kami berharap kepada Dinas Pendidikan, dimana sekolah- sekolah ada ekstra kulikuler membatik agar menjaga kelestarian batik yang ada di Rembang ini, ” ungkapnya.

Dari para peserta lomba dan fashion show semuanya memakai busana yang berbahan dari batik tulis Lasem yang divariasikan dengan kain jenis lainnya. Sementara mural di tembok salah satu ruangan di tepi gedung Dekranasda juga ada unsur batik tulis dan tentang toleransi yang terjalin di Lasem. (Rud)

BACA JUGA  Dana BOS Bisa Untuk Pembelajaran Daring
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini