PATI,  suaramuria.com – Dibangunnya Satpas SIM atau Satuan Penyelenggara Administrasi Surat Ijin Mengemudi, maka proses uji praktik dipastikan akan lebih maksimal. Tak tanggung-tanggung, untuk pembangunan fasilitas baru tersebut kini telah disiapkan anggaran hingga Rp 11,2 miliar.

Proses pembangunan itupun diawali dengan peletakan batu pertama oleh Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat, Wakapolres Pati Kompol Davis, dan Kasatlantas AKP Maulana. Gedung itu disiapkan di jalan AKBP Agil Kusumadya, Kecamatan Kota di atas lahan seluas 1,3 hektare.

“Ini adalah satuan pelaksana pembuatan SIM, yang mana semua yang terkait dengan pembuatan SIM, terintegrasi di lokasi yang ada di tempat ini. Tempat latihan ujian praktek dan teori, yang mana tempat ujian praktek kita bisa meliputi roda 4 sampai dengan roda 6, komplit,” jelas Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat.

Dia mengatakan, pembangunan Satpas SIM tersebut sebenarnya telah disiapkan di tahun 2020. Hanya saja, lantaran terkena dampak refocusing anggaran untuk pandemi Covid-19 maka baru bisa dilaksanakan di tahun ini.

“Jika tidak terkena refocusing di tahun anggaran 2020 tentu sekarang ini sudah berdiri. Karena satuan kerja kelembagaan maupun Kementerian mendapatkan perintah untuk refocusing anggaran. Meski begitu kami tetap bersyukur di tahun ini kami bisa melanjutkan pembangunan satpas Prototype ini,” tambahnya.

Gedung Satpas SIM itupun ditargetkan akan rampung pada enam bulan kedepan. Dengan begitu diharapkan pada pertengahan tahun mendatang gedung tersebut sudah bisa dioperasionalkan.

“Seperti rekan-rekan tahu bahwa area yang ada di kantor Satlantas itu kurang memadai untuk pelaksanaan uji teori praktek roda empat dan roda enam. Namun jika di sini memiliki area yang cukup,”tambahnya.

BACA JUGA Kapolres dan Dandim Beri Kejutan Hari Pers

Saat dikonfirmasi terpisah, Ahmad, penanggung jawab pelaksana proyek menyebut, jika proses bangun Satpas SIM telah mengacu sesuai desain prototype yang direkomendasikan oleh Korlantas Polri.

“Jadi yang terpenting itu di lapangan ujian SIM-nya, nanti ada tanjakan juga, dan sebagaimana itu yang sesuai desain prototype Korlantas. Gedung dua lantai, lantai bawah luas bangunan sekitar 500 meter persegi, yang atas sekitar 1.000 meter persegi lebih,”imbuhnya disela giat bangun Satpas SIM.(srm)

Tinggalkan Balasan