KBO Satlantas Polres Pati Iptu Syamsi saat menunjukkan sejumlah kendaraan yang diamankan lantaran melanggar aturan berlalu lintas. (foto : suaramuria.com)

PATI – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pati bakal menggelar operasi Zebra Candi 2019. Operasi itu direncanakan bakal digelar pada dua pekan kedepan. Dalam operasi itu bakal menyasar atau memprioritaskan Sembilan pelanggaran dalam berkendara.

Hal itu seperti disampaikan Kapolres Pati AKBP Jon Wesly melalui KBO Satlantas Iptu Syamsi. Dia mengatakan rencananya operasi zebra memang bakal digelar secara serentak mulai Rabu – Selasa (23/10/2019 – 5/11/2019)

Dalam operasi yang digelar untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas itu diakuinya akan ada sembilan sasaran. Salah satunya adalah penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor. Menurutnya, helm yang digunakan pengendara harus Standar Nasional Indonesia (SNI).

Fokus perhatian lain yakni pengendara yang dalam kondisi mabuk saat mengemudi. Pelanggaran itu dinilai berpotensi membahayakan buat dirinya sendiri maupun pengendara yang lain.

“Selain itu pelanggaran kecepatan, pengendara di bawah umur, pelanggaran sabuk keselamatan, penggunaan HP saat berkendara dan lawan arus juga akan tetap menjadi perhatian,”terangnya.

Dia pun juga mengingatkan untuk penggunaan strobe atau rotator dan sirine bagi kendaraan pribadi juga menjadi bentuk pelanggaran yang akan ditindak. Selain itu juga ada pelanggaran yang umum terjadi seperti STNK dan SIM.

“Sasaran utama pada operasi ini adalah administrasi kendaraan bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), STNK, hingga SIM,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada para pengendara agar menyiapkan dokumen berkendara dan mematuhi semua aturan berlalu-lintas.

“Untuk pos operasi, kami lakukan secara kondisional. Nantinya ada pemetaan sendiri saat apel,”tambahnya.(SRM)

Tinggalkan Balasan