Angin Rusak Puluhan Rumah
Sejumlah warga tampak melihat kondisi rumah yang mengalami kerusakan

PATI, suaramuria.com – Angin kencang rusak puluhan rumah di Desa Tambahagung, Kedalingan, dan Angkatanlor, Kecamatan Tambakromo sekitar pukul 15.00 Selasa (22/9) kemarin.

Kejadian itu terjadi begitu cepat. Khoirun Nadzif, seorang warga menyebut kejadian itu berlangsung begitu cepat. Selepas dhuhur mendung memang terlihat begitu pekat. Tak lama kemudian hujan mengguyur begitu deras. Namun hujan tersebut rupanya turut disertai angin kencang.

Saat melihat bagian depan tokonya, dia tiba-tiba melihat genteng berjatuhan. Atap tokonya pun tak luput dari terjangan angin kencang hingga turut beterbangan. Bahkan sejumlah barang di dalam tokonya ikut kabur diterjang angin. Padahal hujan angin tersebut tak sampai 10 menit.

“Melihat itu saya langsung menyelamatkan diri dan istriku. Khawatirnya kenapa-kenapa,”ujarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo mengamini adanya kejadian angin kencang yang berbuntut kerusakan puluhan rumah tersebut.

Dia mengatakan angin kencang tersebut sempat dirasakan oleh warga Desa Kedalingan, Karangmulyo, Angkatan Lor dan Tambahagung di Kecamatan Tambakromo. Di Desa Kedalingan sendiri tercatat ada 43 rumah yang mengalami kerusakan ringan.

“Ruko konveksi yang di Desa Kedalingan juga atapnya ikut rusak diterjang angin. Selain itu di desa tersebut juga terjadi angin roboh yang sempat membuat jalan desa di RT 2 RW 1 sempat tersendat. Namun sekarang ini telah diupayakan pembersihan,”terangnya saat dikonfirmasi Selasa (22/9) petang.

BACA JUGA : Belasan Rumah di Pati Rusak Diterjang Angin Kencang

Selain di Desa Kedalingan, 13 rumah juga dilaporkan mengalami kerusakan di Desa Angkatan Lor. Desa Tambahagung terjadi dua rumah mengalami rusak ringan. Sementara di Desa Karangmulyo, sebuah bengkel las bahkan dilaporkan roboh setelah diterjang angin kencang tersebut.

Atas kejadian angin kencang rusak puluhan rumah itu, Bupati Pati Haryanto pun meminta agar BPBD agar berkoordinasi dengan camat dan kepala desa. Bupati meminta agar dilakukan gotong royong melakukan pembersihan dan perbaikan.

Seperti diketahui hujan deras memang terpantau terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Pati Selasa (22/9) sore kemarin. Bahkan hingga petang cuaca mendung  masih terlihat.(srm)

Tinggalkan Balasan