SUARA MURIA DPRD JATENG
Anggota DPRD Jateng Dapil III menyerahkan bantuan APD dan perlengkapan untuk tim medis di RSU dr Loekmonohadi Kudus, Selasa (14/4). (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah mendesak pemerintah daerah segera merealisasikan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Jawa Tengah dari Dapil Jateng III (Kudus, Jepara, dan Demak) saat menggelar bakti sosial di Kabupaten Kudus, Selasa (14/4/2020).

Anggota DPRD Jawa Tengah Setia Budi Wibowo mengatakan, bakti sosial penyaluran alat alat perlindungan diri (APD) dan perlengapan untuk tenaga medis lainnya ini dilakukan untuk menguatkan dan memotivasi tim medis dalam melakukan penanganan pasien.

Disebutkan, saat ini hampir semua rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya mengeluhkan APD dan perlengkapan lainnya. Tim medis sebagai garda terdepan pelayanan juga rentan terpapar virus corona.

Karena itu, APD untuk tim medis harus dipenuhi agar penanganan Covid-19 optimal. “Melalui baksos ini selain kami menyalurkan bantuan untuk tim medis juga dalam rangka melihat langsung kondisi tim medis kita,” kata Bowo, panggilan Setia Budi Wibowo.

BACA JUGA : Komisi D Sentil Dinkes Lamban Tangani Covid-19

Wakil rakyat asal PKS itu datang bersama wakil rakyat dari Dapil 3 Jateng lainnya seperti Nur Saadah (PKB), Akhwan (Partai Nasdem), Sri Hartini (Partai Gerindra), Andang Wahyu Triyanto (PDIP), Denny Nurcahyanto (PDIP), Mawahib Afkar (Partai Golkar), M Nur Khabsyin (PKB), Nurul Furqon (PPP), dan Helmy Turmudhi (Partai Demokrat).

Bantuan APD dan perlengkapan medis lainnya itu disalurkan ke RSU dr Loekmonohadi, Puskesmas Bae, Puskesmas Gebog, dan Puskesmas Bae.

Bahan Rapat

Anggota DPRD Jateng Mawahib Afkar menambahkan, semua temuan di dapil ini akan menjadi bahan rapat koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Mawahib menambahkan, pihaknya juga akan mendesak Pemprov Jateng untuk mempercepat realisasi anggaran yang telah direalokasi, baik itu untuk keperluan tim medis, maupun bantuan sosial untuk masyarakat terdampak.

“Selain di Kudus, baksos juga akan kami lakukan di daerah Dapil lainnya yakni Demak dan Jepara. Kami ingin menyerap masukan sebanyak-banyaknya dari tim yang ada di lapangan,” katanya.

Direkrut RSU dr Loekmonohadi Kudus Abdul Azis Achyar berterima kasih atas bantuan yang diberikan. Menurut dia, bantuan sekecil apa pun akan sangat berarti di tengah keterbatasan yang ada saat ini.

Azis menambahkan, RSU selain menunggu kiriman APD dan peralatan lainnya juga telah merealokasi anggaran di rumah sakit untuk penanganan Covid-19. Disebutkan, RSU Kudus melakukan realokasi anggaran hingga Rp 4 miliar.

“Selain APD anggaran kami gunakan untuk menyiapkan ruang isolasi, termasuk pengadaan 700 alat rapid test yang kami beli dari UGM. Kami kirim tim ke sana untuk mengambil agar bisa cepat digunakan,” katanya. (SRM)

Tinggalkan Balasan