tpi di pati
Aktivitas pelelangan ikan di TPI yang ada di Kabupaten Pati. (foto : suaramuria.com)

PATI, suaramuria.com – Aktivitas pelelangan ikan di sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Pati tak terpengaruh pandemi Covid-19. Aktivitas lelang ikan di sejumlah TPI di Pati tetap jalan terus.

Meski begitu petugas tetap menerapkan protokol kesehatan untuk langkah antisipasi persebaran wabah.

Kabid Pengelolaan dan Pengembangan (P2) TPI pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati, Dwi Endang Subekti mengatakan, hingga saat ini proses lelang di sejumlah TPI terbilang masih ramai.

BACA JUGA : Masjid Prawoto, Tempat Musyawarah Para Wali

Data yang dimilikinya hingga saat ini jumlah ikan yang dibongkar di TPI hingga akhir April tercatat sudah hampir 6500 ton ikan. Jumlah tersebut bahkan telah mencapai sekitar 28,26 persen dari target di tahun ini.

Meski begitu pihaknya memang tetap menjaga protokol kesehatan sebagai upaya penanggulangan pandemic seperti seakrang. Sekarang ini TPI di Pati telah bekerjasama dengan tim pengamanan terpadu.

“Semua yang masuk TPI diwajibkan memakai masker serta dilakukan pengukuran suhu tubuh dengan termogun. Kami juga menyiapkan tempat cuci tangan maupun aktif melakukan penyemprotan disinfektan terhadap semua kendaraan yang masuk,”terangnya.

Namun diakuinya kesadaran masyarakat masih menjadi tantangan tersendiri. Meski di pintu masuk dijaga petugas untuk penggunaan masker, namun saat di lokasi TPI saat jauh dari petugas seringkali masker dilepas.

“Padahal di penjagaan kami perketat kalau kami stok masker masih pasti kami beri kalau habis kami minta yang bersangkutan pulang untuk mengambil masker. Sejumlah petugas juga kami sebar untuk mengingatkan mereka agar tetap menggunakan masker saat di dalam TPI,”terangnya.

Oleh karenanya, dia berharap agar masyarakat dapat bersama-sama melakukan langkah antisipasi. Dengan begitu diharapkan proses lelang di TPI dapat tetap berjalan dengan baik namun upaya pencegahan dapat tetap dimaksimalkan. (SRM)

Tinggalkan Balasan