- Advertisement -spot_img
30 C
Kudus
Rabu, 18 Mei 2022
BerandaKudus7 Desa Gelar Pilkades Serentak, Pemkab Kudus Anggarkan Rp 475 Juta

7 Desa Gelar Pilkades Serentak, Pemkab Kudus Anggarkan Rp 475 Juta

- Advertisement -spot_img

KUDUS,suaramuria.com – Sebanyak tujuh desa di Kabupaten Kudus bakal menggelar Pilkades tahun ini. Pemkab Kudus menganggarkan Rp 475 juta untuk Pilkades pertama di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kudus Adi Sadhono mengatakan, Pilkades serentak di tujuh desa itu rencananya digelar Maret mendatang.

Sebanyak tujuh desa yang melaksanakan Pilkades yakni , Desa Kaliputu dan Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota, Desa Hadiwarno dan Desa Mejobo Kecamatan Mejobo, Desa Loram Kulon Kecamatan Jati, Desa Ternadi Kecamatan Dawe, dan Desa Undaan Lor Kecamatan Undaan.

BACA JUGA : 4 Desa di Kudus Gelar Pilkades Antar Waktu, Ini Pesan Bupati

“Jumlah bantuan untuk masing-masing desa dihitung berdasarkan jumlah pemilih. Nilai bantuan sebesar Rp 15 ribu dikalikan jumlah warga yang memiliki hak pilih di setiap desa,” katanya.

Adi menuturkan, bantuan keuangan Pilakdes tujuh desa di Kudus itu anggaran bantuan Pilkades itu telah dialokasikan dalam APBD 2022. Anggaran tersebut untuk membantu kebutuhan pelaksanaan Pilkades di tiap desa.

Agar anggaran bisa segera cair, kata dia, Pemdes wajib merampungkan penyusunan APBDes.

Subkoordinator Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD Kudus, Slamet menambahkan, tujuh desa yang melaksanakan Pilkades juga diharuskan segera membentuk panitia pelaksana. Desa diberi tenggat waktu hingga akhir bulan ini.

“Usai dibentuk, mereka akan berkoordinasi dengan panitia pengarah untuk teknis pelaksanaannya di lapangan,” katanya.

Hasil dari koordinasi tersebut, lanjut Slamet, kemudian akan diajukan ke Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus, dalam hal ini Bupati Kudus. Pasalnya, gelaran Pilkades dilakukan saat ini masih masa pandemi Covid-19.

Slamet menyebutkan, kemungkinan jumlah pemilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS) maksimal adalah sebanyak 500 pemilih. Sementara lokasi TPS bisa ditempatkan di berbagai titik lokasi atau dipusatkan di tempat tertentu sesuai kondisi desa masing-masing.

“Pelaksanaan Pilkades serentak di Kudus ini harus tetap dengan syarat melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat,” katanya. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini