- Advertisement -spot_img
29.9 C
Kudus
Rabu, 19 Januari 2022
BerandaKudusZona Hijau, 11 Desa di Kudus Masih Steril Covid-19

Zona Hijau, 11 Desa di Kudus Masih Steril Covid-19

- Advertisement -spot_img

KUDUS, suaramuria.com – Sebanyak sebelas desa di Kabupaten Kudus tercatat masih steril dari penyebaran Covid-19. Belum ada laporan kasus baru Covid-19 dari desa itu sejak munculnya lonjakan penderita baru pasca Lebaran lalu.

Sementara sebanyak 42 desa di Kabupaten Kudus masih tercatat sebagai zona merah penyebaran Covid-19.

Data Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kudus menyebutkan, sebelas desa zona hijau Covid-19 itu yakni Desa Glagahkulon, Soco, Dukuhwaringin, dan Desa Colo di Kecamatan Dawe, Desa Undaan Kidul, Terangmas, dan Berugenjang di Kecamatan Undaan.

Desa zona hijau lainnya yakni Desa Kauman dan Demangan di Kecamatan Kota, Desa Sidomulyo, Kecamatan Jekulo, dan Desa Blimbing Kidul, Kecamatan Kaliwungu.

BACA JUGA : Sabtu Minggu Warga Diimbau di Rumah, Pasar dan Mall Boleh Buka

Dari total sebanya 132 desa di Kabupaten Kudus, hanya sebelas desa yang masih tercatat sebagai zona hijau. Sisanya sebanyak 68 desa masuk kategori zona oranye dan sebelas desa lainnya masuk kategori zona kuning.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus M Nasiban mengatakan, evaluasi zonasi per desa ini dibuat seminggu sekali berdasarkan perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Kasus baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus masih cukup tinggi. Data gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus menyebutkan ada sebanyak 193 kasus baru penderita Covid-19 di Kabupaten Kudus per Jumat (4/6). Dari total 8.210 kasus, hingga saat ini masih ada sebanyak 1.478 kasus Covid-19 aktif di Kabupaten Kudus.

Dua Hari di Rumah

Sebanyak 6.049 orang penderita telah sembuh, sisanya sebanyak 683 orang penderita meninggal dunia. “Dari sebanyak 1.478 kasus aktif yang masih ada, sebanyak 375 pasien masih menjalani perawatan intensif, 1.103 orang menjalani isolasi mandiri,” katanya, Sabtu (5/6).

Sementara itu untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus, Bupati Kudus Hartopo menerbitkan Surat Edaran Nomor 360/1314/05.03/2021.  Surat edaran itu berisi imbauan dua hari di rumah saja, pada akhir pekan ini (Sabtu – Minggu, 5-6/6).

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, edaran ini untuk menambah efektifitas kebijakan PPKM berskala mikro yang sudah lebih dulu diterbitkan.

Satgas Covid-19 akan melakukan rapid test secara acak kepada masyarakat yang tidak mematuhi imbauan untuk tetap di rumah saja. Jika hasil rapid test itu positif, warga akan langsung menjalani isolasi mandiri secara terpusat. (srm)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

443FansSuka
397PengikutMengikuti
37PengikutMengikuti
7,164PelangganBerlangganan

Berita Terkait

- Advertisement -spot_img

Berita Suara Muria Terkini

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here