lokasi swab massal
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus dokter Andini Aridewi . (foto : suaramuria.com)

KUDUS, suaramuria.com – Di tengah gencarnya wacana new normal di Kabupaten Kudus, kasus baru Covid-19 justru kembali melonjak. Dalam sehari, ada konfirmasi sepuluh kasus baru positif Covid-19 yang berasal dari tiga lokasi swab massal di Kabupaten Kudus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, sepuluh kasus baru itu berasal dari tiga lokasi swab yang sebelumnya digelar, yakni Kaliwungu, Undaan, dan Jekulo.

Sebagian kasus baru di Kaliwungu berasal dari klaster Puskesmas Kaliwungu. “Ada juga yang kasus baru. Kasus baru Covid-19 yang teronfirmasi ini merupakan hasil pelacakan kasus lama di Kabupaten Kudus. Mereka menjalani uji swab Jumat dan Sabru lalu, hasilnya keluar hari ini,” katanya, Rabu (10/6).

BACA JUGA : Lab Biomolekuler Diresmikan, Biaya Uji Swab Ditanggung APBD

Meski terjadi lonjakan, Andini berpesan masyarakat tetap tenang menghadapi wabah Covid-19 ini. “Jangan panik. Covid-19 bisa sembuh. Setelah sembuh juga tidak akan menular lagi,” katanya.

Disebutkan, semua orang dapat tertular Covid-19 sama seperti tertular batuk pilek atau flu biasa. “Seharusnya pasien positif Covid-19 atau pun masih terduga Covid-19 seperti OTG, ODP atau PDP, atau bahkan sudah sembuh dari Covid-19 dan keluarganya tidak dikucilkan oleh masyarakat,” katanya.

Disebutkan, sepuluh kasus baru tersebut yakni ;

  1. Laki-laki berusia 49 tahun berdomisili di Kecamatan Undaan.
  2. Perempuan berusia 40 tahun berdomisili di Kecamatan Undaan.
  3. Perempuan berusia 28 tahun berdomisili di Kecamatan Kota. Hasil swab dinyatakan positif dan penderita dirawat di RS Mardi Rahayu.
  4. Laki-laki berusia 58 tahun berdomisili di Kecamatan Jekulo.
  5. Laki-laki berusia 55 tahun berdomisili di Kecamatan Jekulo. Hasil swab dinyatakan positif dan penderita dirawat di RSUD dokter Loekmono Hadi.
  6. Laki-laki berusia 57 tahun berdomisili di Kecamatan Kaliwungu.
  7. Laki-laki berusia 29 tahun berdomisili di Kecamatan Kaliwungu.
  8. Laki-laki berusia 51 tahun berdomisili di Kecamatan Kaliwungu.
  9. Laki-laki 38 tahun berdomisili di Kecamatan Kaliwungu.
  10. Laki-laki berusia 35 tahun berdomisili di Kecamatan Kaliwungu. Kesepuluh kasus

Uji Swab Massal

Andini mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kudus terus melakukan pelacakan kontak erat penderita baru Covid-19 tersebut. Dinkes juga menggelar uji swab massal di enam lokasi berbeda.

“Hari ini Dinkes melaukan pengambilan sebanyak 159 sampel swab di enam lokasi,” katanya.

Warga yang menjadi sasaran uji swab dikumpulkan di Puskesmas Kaliwungu, Puskesmas Tanjungrejo, Puskesmas Mejobo, Puskesmas Jepang, Puskesmas Ngembal, dan Polsek Gebog. “Secara bertahap sudah ada sampel swab yang diuji pemeriksaannya di RSUD Kudus,” katanya.

Update per-Rabu (10/6) sore. total ternotifikasi kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 68 kasus dari dalam wilayah. Dari sebanyak 68 kasus dalam wilayah tersebut, sebanyak 17 orang penderita masih dirawat, 17 orang penderita menjalani isolasi. Sementara itu, penderita yang sembuh sebanyak 29 kasus dan meninggal 5 kasus. (SRM)

Tinggalkan Balasan